Customer Relationship
Management (CRM)
Didefinisikan sebagai suatu rangkaian aktifitas sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik perhatian, dan mempertahan kanloyalitas pelanggan yang
menguntungkan (most profitable customer) demi mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat
(Haryati, S : 2003).
CRM
adalah sebuah strategi bisnis yang tidak hanya berorientasi untuk meningkatkan volume
transaksi, tujuan dari
CRM yaitu untuk meningkatkan profitabilitas,
pendapatan, dan kepuasan konsumen.Untuk mencapai CRM, perusahaan menyiapkan bermacam-macam peralatan, teknologi,
danprosedur-prosedur yang mempromosi kanhubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan. (Sweeney
Group: 2000).
Komponen CRM
Menurut
Blueprint CRM Telkom adatigakomponen CRM yaitu (CRM, Team: 2002) :
1.
Customer
Customer (pelanggan)
adalah segala pihak yang pernah, akan dan sedang merasakan produk jasa dan layanan yang
diberikanperusahaan, baik dalam
proses melihat, membeli dan pemeliharaan. Perlu diingat bahwa tidak semua pelanggan merupakan pelangganpotensial. Dimana 80% keuntungan perusahaan diperoleh dari 20% pelanggan potensial.
2.
Relationship
Dalam membangun relationship (hubungan)
dengan pelanggan,
perusahaan haruslah memahami matarantai yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan nya yaitu komunikasi dua arah.
Tujuan dari hubungan sejati dengan pelanggan adalah kepuasan jangka panjang yang melampaui transaksi individual. Arena hubungan mengimplikasikan loyalitas, emosi dan perasaan positif terhadap sesuatu atau seseorang.
3.
Management
CRM
harus berfokus pada pengelolaan dan peningkatan hubungan sejati dengan pelanggan dalam jangka panjang. CRM membantu perusahaan untuk membangun pemahaman yang mendalam tentang nilai yang diperoleh dari mengembangkan hubungan yang solid dan kontribusi hubungan tersebut bagi pengembangan keunggulan kompetitif perusahaan.
Kerangka
CRM
Dari titik pandang arsitektur, kerangka
CRM secara keseluruhan dapat diklasifikasikan kedalam tiga komponen utama yaitu:
1.
Collaborative CRM
Merupakan seperangkat aplikasi dari pelayanan seperti email,
ecommunities, World Wide Web, publikasi personal, danalatsejenisnya yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara pelanggan dengan perusahaan.
2.
Operational CRM
Merupakan pengelolaan secara otomati sasi dari proses bisnis terintegrasi,
termasuk customer touch point dan integrasi front back office.
3.
Analytical CRM
Merupakan analisis data yang
diperoleh dari oprasional CRM dengan memanfaatkan tool dan software untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku pelanggan.
Tujuan CRM antara lain :
• Mengenali pelanggan terbaik dan mempercayainya dengan meningkatkan pemahaman perusahaan akan kebutuhan mereka sebagai individu, memenuhi harapan mereka terhadap perusahaan, dan membuat hidup mereka berubah (Brown, Stanley
A.:2001).
• Menciptakan keunggulan kompetitif secara terus-menerus terhadap merek, produk, atau bahkan perusahaan yang kita miliki dibandingkan dengan merek, produk atau perusahaan pesaing (CRM, Team:
2002).
• Memberi panduan kepada perusahaan dalam penggunaan teknologi dan sumber daya manusia untuk mendapatkan pengetahuan tentang tingkah laku Dan nilai pelanggan dalam berkomunikasi dan berinteraksi sebagai dasar untuk membangun hubungan sejati dengan pelanggan.
Tujuan utama biaya CRM mengandung
• Meningkatkan pendapatan dari kepuasan pelanggan
• Mengurangi biaya penjualan dan distribusi
• Meminimumkan biaya pendukung pelanggan
Manfaat CRM
Manfaat yang
didapat oleh perusahaan yang
menerapkan konsep
CRM adalah :
• Menjaga pelanggan yang sudah ada
• Menarik pelanggan baru
• Cross
Selling :menjual produk
yang dibutuh kan pelanggan berdasarkan pembeliannya
• Upgrading:
menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi
• Perusahaan
dapat merespon keinginan pelanggan lebih cepat
• Dan lain sebagainya.
Elemen
CRM
Ada tiga elemen CRM (Haryati, S
: 2003):
1.
Customer Care
Berupa strategi dalam membangun CRM demi
mencapai sasaran beruparetensi, akuisisi,
dan penetrasi pasar guna mempertahankan pertumbuhan perusahaan dalam kondisi yang sehat.
2.
Business Care
Berupa penerapan strategi Enterprise
Resource Planning yang merupakan sistem yang mengelola seluruh resources perusahaan terutama logistik, keuangan dan sumber daya manusia yang dikaitkan dengan proses
perusahaan.
3.
Infrastructure Care – System & Network Management
Berupa elemen fisik pendukung operasional perusahaan yang menjadi peralatan produksi perusahaan untuk memenuhi tuntutan service dan demand perusahaan.
4
Manfaat Customer Relationship Management
- Improve customer satisfaction/ Meningkatkan kepuasan pelanggan.
Manfaat utama dari Customer
Relationship Management System adalah membantu tim penjualan / sales team
untuk menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan Karena merekaakan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.
Tanpa informasi dari CRM maka pelanggan bias mengalami kesalahan atau kekurangtepatan order
yang mengakibatkan terjadinya
complain. Tapisaat anda menerapkan sistem CRM maka tim penjualan dapat mengakses informasi tentang semua pelanggan perusahaan di satu tempat dan dapat mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan dari pelanggan.
- Share customer information more easily/ Berbagi informasi mengenai pelanggan dengan lebih mudah.
Sistem
CRM memungkinkan seluruh tim dalam perusahaan mendapat kan informasi pelanggan dengan mudah dan tepat sehingga dapat menghemat waktu. Dengan memiliki data sejarah dari pelangganma kaperusahaan dapat memberikan informasiini keseluruhtim penjualan.
Sehingga ini akan membuat proses
penjualan lebih lancer dan smooth. Kegunaan lainnya adalah bahwa informasi tersebut akan berada di satu tempat dan tidak perlu dibagi di sejumlah
drive, dicetakatau di-download ke memori
stick sehingga aman.
- Increase sales by up selling and cross selling other products/ Meningkatkan penjualan dengan penjualan dan penjualan produklainnya
Sebuahsistem
Customer Relationship Management dapat merekam segala sesuatu dari saat seorang pelanggan membuat panggilan dan melakukan pembelian, dan tim penjualan dapat menggunakan informasi ini untuk menjual produk lain atau jasa lainnya kepada pelanggan mereka, karena mereka memiliki gagasan yang jelas tentang gaya hidup / lifestyle dari pelanggan mereka dan kebiasaan membeli dari pelanggan mereka.
Informasipadasistem
CRM jugaakan memungkinkan staf untuk melihat histori dari tren beli pelanggan mereka sertamen cari pola perilaku pelanggan mereka yang berarti Anda mengetahui kapan dan dapat menghubungi mereka pada waktu yang paling
cocok.
- Identify most profitable and unprofitable customers /Mengidentifikasi pelanggan yang paling menguntungkan dan pelanggan yang tidak menguntungkan
Penjualan dan pemasaran kepada pelanggan yang tidak tepat / tidak menguntungkan dapat memakan waktu dan menguras keuangan serta tenaga Anda. Sebuah system dari Customer
Relationship Management ini dapat membantu tim penjualan untuk mengidentifikasi para pelanggan yang tidak membawa keuntungan apapun kedalam perusahaan dan sebagaigantinya memungkinkan mereka untuk memfokuskan waktu mereka pada pelanggan lebih menguntungkan.
Proses ini akan membantu untuk meningkatkan retensi pelanggan kepada tim penjualan supaya tim penjualan dapat membangun hubungan yang kuat dan baik dengan pelanggan yang
tepat. Customer Relationship Management system dapat membantu untuk mengurangi biaya usaha dan meningkatkan penjualandengan membuat proses
penjualan lebih cepat, lebih jelas dan lebih efektif.
https://galihadi.wordpress.com/pengertian-crm/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar